Perbedaan IC Memory, EEPROM, IC Crhoma pada televisi




Mungkin diantara pembaca ada yang bertanya, apa perbedaan IC tersebut.


1. IC Memory : atau nama resminya EEPROM singkatan dari Erectrical Eraseble Programable Read Only Memory, kurang lebih seperti itu. IC ini digunakan untuk menyimpan setingan tv, seperti kontras, channel, nilai vertikal, dll. IC pasti mempunyai 8 Pin, dengan No.Seri 24 / 25CXX. Nilai "XX" disini bisa 08,16,24, dll, tergantung nilai bit yang digunakan pada IC tersebut.
Pin pada IC Memorry (EEPROM) Diantaranya :
a.Pin Vcc : Pin tegangan yang harus ada agar IC ini dapat bekerja.
b.Pin Gnd : Pin ground yang digunakan sebagai negatif
c.Pin N/C : Not Conect. Sejauh yang saya ketahui pin ini tidak di hubungkan kemanapun.
d.Pin SCL : SCL kepanjangan dari serial clock. Pin ini tehubung ke oscilator dekat dengan IC memory ini. Clock pada Pin SCL ini digunakan sebagai denyut listrik AC yang berupa gelombang sinus. Bisa berbentuk gelombang kotak,sinus, dan gigi gergaji. Tanpa ada pin ini data pada IC ini tidak dapat di komunikasikan ke IC Program.
e.Pin SDA : Serial Data. Ini pin untuk berkomunikasi langsung dengan IC program dengan bantuan denyut dari Pin SCL. Mengirimkan data yang ada pada IC ini.
2.IC Program : IC ini seperti otak di dalam sistem televisi. Jadi fungsinya seperti mengatur ketajaman gambar, volume, menu tv, memerintah IC EEPROM, memerintah IC Crhoma, menyalakan tv atau on/off dan Lebih banyak lagi. Ciri IC ini terdapat banyak kaki, biasanya bisa sampai 64pin. Tidak setiap jenis jenis TV memiliki IC Program yang berdiri sendiri. Beberapa keluaran tv yang baru IC program ini di gabung menjadi satu dengan IC Chroma. Jadi jika menemui televisi dengan IC yang kakinya banyak (>16) hanya ada satu, kemungkinan IC program tersebut sudah menjadi satu dengan IC Chroma.
3.IC Chroma : Mengatur audio video. Lebih spesifiknya IC ini digunakan untuk mengkontrol "Blok" RGB, yang ada dibelakang leher tabung CRT (Catode Ray Tube). Mengatur warna (RGB), mensinkronkan gambar dengan suara agar tepat, mengkontrol vertikal tv.
Dilain waktu saya akan membagikan tulisan memgenai fungsi dari pin pin / kaki kaki pada 3 IC tersebut.
Semoga membantu, jika ada saran dan pertanyaan teman teman, tulis di kolom komentar, terimakasih

Komentar

Postingan Populer